APLIKASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Yana Mulyana

Abstract


This research departs from a phenomenon that shows a shift in values among students, brawls, free sex, drugs and other problems reflecting the failure of our education. Character Education is expected to be able to build life values to be developed in one's personality, while PAI is a subject that not only delivers students to master various Islamic studies, but PAI emphasizes more on how students are able to master Islamic studies while practicing them in daily life day in the midst of society. The purpose of this study is to see the extent of the application of character education to PAI subjects, so that it is expected to be a model of character education in PAI subjects. This research uses descriptive analytical method with a qualitative approach, in this study there are four questions which include goals, programs, processes and evaluations, then in data collection in the reserch using three techniques, namely observation, interviews and documentation. This research found a number of things, namely the first most dominant character value applied at SMPN 3 Cisarua and became a characteristic is the cultivation of disciplinary values, so that discipline became the core of school culture, second, there were eight (8) character values developed in SMPN 3 Cisarua in particular on PAI subjects namely religiousness, discipline, politeness, love of knowledge, curiosity, confidence, intelligence, responsibility spread through 13 activities

Keywords: Character education, PAI, SMP  

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari sebuah fenomena yang menunjukan telah terjadi pergeseran nilai dikalangan para pelajar, tawuran, seks bebas, narkoba dan masalah lainnya mencerminkan gagalnya pendidikan kita. Pendidikan Karakte diharapkan mampu membangun nilai-nilai kehidupan untukditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang, sedangkan PAI merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengantarkan peserta didik dapat menguasai berbagai kajian keislaman, tetapi PAI lebih menekankan bagaimana peserta didik mampu menguasai berbagai kajian keislaman sekaligus dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari ditengah-tengah masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmna aplikasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI, sehingga diharapkan  bisa menjadi model pendidikan karakter pada  mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif, didalam penelitian ini ada empat pertanyaan yang meliputi tujuan, program,proses serta evaluasi, selanjutnya dalam pengumpulan data pada penelitian  menggunakan tiga tekhnik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan beberapa hal, yaitu pertama nilai karakter yang paling dominan yang diterapkan di SMPN 3 Cisarua dan menjadi ciri khas adalah penanaman nilai kedisiplinan sehingga kedisiplinan menjadi core budaya sekolah, kedua, ada delapan  (8)  nilai karakter yang dikembangkan di SMPN Cisarua khususnya pada mata pelajaran PAI  yaitu  kerelijiusan, kedisiplinan,kesantunan,cinta ilmu,keingintahuan,percaya diri, kecerdasan, tanggung jawab yang tersebar melalui 13 kegiatan

Kata Kunci: pendidikan Karakter, PAI, SMPN


Full Text:

PDF

References


Abdillah Dali Munte, Reza Amin “Strategi dan Implementasi pendidikan karakter di SMPN 9 Yogyakarta” http://id.portalgaruda.org)

Agus Sadid yang b” Homeschooling:Pilihan di Tengah Kegagalan Sekolah formal” journal.unj. ac.id

Arikunto, Suarsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Copta, 1998.

Depag. Kurikulum berbasis kompetensi: Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Depag, 2012.

jon. asuup. bandung: joss press, 2004.

Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: BalitbangPuskur, 2010.

Kesuma, Dharma. Pendidikan karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Rosda Karya, 2011.

Marzuki. Panduan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Pendidikan Karakter terintegrasi dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendiknas, 2010.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Muhaimin. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa Cendikia, 2003.

Sekolah, Kepala. Tujuan Pendidikan Karakter di SMPN Cisarua (Maret Senin, 2013).

Sugiharto. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1998.

Toha, Chabib. Refolmulasi Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara, 2003.

Yusti Marlia Berliana dan ajat Sudrajat “ The Implication of Character Educatian At MTs Nuriman Mlangi At Al-Huda Islamic Boarding School at Sleman Regency Yogyakarta” (http.uny.ac.id)

Pristine dkk” Implementasi pembentukan karakter Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tanggul” (http://id.portalgaruda.org)

Normawati “ Nilai Pendidikan karakter Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Di Daerah Istimewa Yogyakarta”. http://id.portalgaruda.org)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.